STUDI LAPANGAN PADA PELAKU UMKM DAN EKONOMI KREATIF PAINAN

Kegiatan studi lapangan ini merupakan aktivitas studi kasus pada Mata kuliah Ekonomi kreatif yang diambil oleh Mahasiswa dengan melakukan kunjungan pada UMKM sasaran. Kegiatan studi lapangan ini dilakukan pada beberapa UMKM yang ada di Kabupaten Pesisir  Selatan, khususnya yang ada disekitaran Kota Painan. Kegiatan ini dilakukan diharapkan dapat Memberikan Pengalaman lapangan berdasarakan kasus dari para pelaku ekonomi kreatif,  Memperdalam pemahaman mahasiswa terkait dengan ekonomi kreatif dan peranya dalam peningkatan kualitas ekonomi masyarakat, Memberikan pemahaman bagi mahasiswa terkait dengan praktik-praktik ekonomi Kreatif Daerah, Melatih mahasiswa mampu menghasilkan karya ilmiah berupa artikel, yang diharapkan dapat publish pada jurnal terakreditasi, Megembangkan kompetensi Mahasiswa terkait dengan strategi pengembangan ekonomi kreatif, serta Meningkat kualitas perkuliahan dan pembelajaran bagi mahasiswa dengan pendekatan fenomena yang ada dilapangan berbasis Projek based study tentunya memberikan Pengalaman lapangan berdasarakan kasus dari para pelaku ekonomi kreatif baik yang beroerintasi pada bisnis maupun yang berorientasi sosial (Social entrepreneur). Kegiatan diikuti oleh seluruh Mahasiswa MPDE Angkatan 2021 yang dibimbing oleh Ibu Dr. Susi Evanita M.S dan Ibu Dr. Friyatmi, M.Pd.

Kegiatan dimulai pada Rabu 9 November 2022, yang dibuak dengn kunjungan pada Dinas Perdagangan dan Transmigrasi, dilanjutkan kunjungan pada Dinas Pemuda dan Olah raga, dan ditutup dengan kunjungan pada Dinas Pendidikan yang berlokasi di Kota Painan. Kegiatan dilanjutkan pada Sabtu dan Minggu tepatnya pada 12-13 November 2022 bersama Dosen dan Mahasiswa MPDE. Kegiatan ini kali kedua ini adalah kunjungan yang bertujuan untuk menggali informasi terkait dengan kegiatan ekonomi kreatif dan Kewirausahaan pada UMKM yang ada di sekitaran Painan, meliputi :

1. Kujungan Sulam Bayang Rozalinda

2. Kunjungan industri Rendang Lokana

      3. Kunjungan Sri Kumala Dewi (SKD) Fashion

    Mengusung konsep Social entrepreneure Sri Kumala Dewi tidak lain adalah nama dari pemilik SKD fashion ini. Hal utama yang menonjol selain konsep fashion shariah yang di usung yaitu peberdayaan terhadap ibu Rumah tangga dan perempuan serta Disabilitas. Sri Kumala Dewi melakukan ini dengan tujuan agar keterbatasan tidak menghambatu ntuk tetap dapat memiliki penghasilan.

    4. Kunjungan Komunitas Carocok Pantai Pain

    Komunitas layakanya Komunitas Carocok Pantai Painan memiliki peranan penting dalam pengembangan  ekonomi kreatif khususnya kawasan wisata, hal ini dmaksud agar adanya sutau organisasi diluar pemerintah yang melakukan tata keloa  wisata sehingga  memiliki daya tarik bagi wisatawan dengan adanya pengelolaan yang matang oleh komunitas.

    5. Ricky’s Beach House

    Dari hasil wawancara yang dilakukan dengan Ricky yaitu seorang pengusaha yang bergerak dibidang wisata sekaligus sebagai aktor penggerak kawasan wisata pesisir sungai pinang Pesisir selatan. Usaha Ricky beach house ini didirikan mulai tahun 2010 di Sungai Pinang. Usaha ricky ini awal  mula nya bukan untuk dibisniskan, tetapi untuk usaha sosial membantu orang disekitar sungai pinang karena disekitar sana daerah nya masih terisolir yang akses darat nya belum ada.

    Adapun output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah Mahasiswa dapat menulis artikel topik ekonomi kreatif berdasarkan objek-objek ekonomi kreatif Pesisir Selatan yang telah dikunjungi, dengan harapan artikel yang ditulis dapat subbmited da terbit pada jurnal-jurnal terkareditas Sinta.