Beragam Beasiswa yang Ada di UNP

Mau kuliah di Universitas Negeri Padang (UNP) tapi khawatir masalah biaya kuliah? Tenang saja, di UNP banyak jalur beasiswa yang bisa kamu dapatkan. Mau tahu apa saja beasiswa yang ada di UNP? Yuk, simak informasi berikut!

Beasiswa Prestasi

Salah satu jenis beasiswa yang ada di UNP ialah beasiswa prestasi. Salah satu beasiswa prestasi yang ada di UNP dikenal dengan istilah Beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi, baik di segi akademik maupun non akademik. Jadi, kamu jangan sekedar menjadi mahasiswa akademik saja kalau mau mendapatkan beasiswa ini. Kamu harus aktif berkegiatan di berbagai UKM yang ada di UNP.  

Oh ya, untuk yang senang menulis, kamu juga bisa ikutan program summer school dari berbagai foundation yang bekerjasama dengan universitas. Program ini memang nggak selalu pasti karena sesuai dengan proyek yang ditawarkan yayasan pemberi beasiswa. Tapi nggak ada salahnya kamu rajin-rajin lihat pengumuman di Biro Fakultas. Biasanya untuk ikut program ini kamu perlu menulis esai inspiratif sesuai tema yang diusung tahun itu.

Berlatih menulis memang nggak ada ruginya. Selain itu, kamu pastinya bisa ikut pertukaran pelajar atau pertukaran pemuda. Saingannya kamu pasti banyak. Tapi, bukan berarti nggak ada kesempatan kan.

Beasiswa Bantuan

Jenis beasiswa kedua yang ada di UNP ialah beasiswa bantuan. Beasiswa ini ada banyak jenisnya, jadi kamu tidak perlu khawatir tidak mendapatkannya. Biasanya, beasiswa bantuan ini diberikan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristekdikti) ataupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Selain itu, beberapa perusahaan dan organisasi swasta pun sering memberikan beasiswa bantuan dalam tiap programnya. Untuk itu, kamu harus rajin mencari informasinya ya.

Nah, untuk membantu kamu, ini daftar beberapa beasiswa yang tersedia di UNP:

  • BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa)
  • BBPPA (Bantuan Belajar Peningkatan Prestasi Akademik)
  • BUMN (Badan Usaha Milik Negara)
  • BRI (Bank Rakyat Indonesia)
  • Lippo Bank
  • Bank Nagari
  • Bidikmisi (Untuk calon mahasiswa)
  • BAZ (Badan Amil Zakat)
  • PT. Semen Padang
  • Toyota Astra
  • BI (Bank Indonesia)
  • VDMS (Van Deventer-Maas Stichting)
  • Supersemar

Apa saja sih persyaratannya?

Modal utama kamu untuk bisa apply beasiswa apapun ada dua, nilai akademik yang baik dan prestasi di organisasi mahasiswa atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Kategori baik di akademik itu dilihat dari nilai IPK (Indeks Prestasi komulatif) yang kamu peroleh semasa berkuliah. Jadi, biasanya yang dicalonkan adalah peringkat atas di kelas atau mahasiswa yang aktif.

Pemberi beasiswa biasanya lebih memprioritaskan mahasiswa yang membutuhkan bantuan ekonomi agar dapat menyelesaikan studi. Kemampuan finansial itu biasanya dilihat dari syarat administrasi yang diminta oleh pemberi beasiswa.

Well, untuk semua beasiswa di UNP syaratnya ya pasti sedang aktif menjalani perkuliahan atau tidak cuti di semester mengikuti beasiswa dan semester berikutnya. Setidaknya, kamu juga sudah berada di semester 3 atau sudah menyelesaikan 2 semester perkuliahan di UNP. Kamu juga bukan calon wisudawan disemester berikutnya, dan bukan penerima beasiswa lain di tahun yang sama. Kalau sudah mau wisuda kan nggak berhak lagi dapat beasiswa. Iya kan?

Syarat dokumen yang harus disediakan juga umumnya sama, seperti historis nilai, Kartu Tanda Mahasiswa, surat pernyataan aktif dan belum akan diwisuda dan pastinya mengisi formulis pendaftaran yang tersedia di Biro masing-masing fakultas. Semua syarat ini bisa kamu dapatkan melalui BAK (Biro Akademik Kemahasiswaan) kampus.

Syarat lain dan yang paling penting adalah menulis PKM atau Proposal Kegiatan Mahasiswa. Weit, jangan pesismis dulu. Poin penting dari PKM adalah pengembangan ide kreatif kamu yang original. Banyak kok tempat-tempat kamu bisa belajar bagaimana cara menulis proposal.

Beberapa beasiswa seperti VDMS juga menyeleksi penerima beasiswa dari esai. Biasanya esai yang harus ditulis berkisar tentang kamu, keluarga dan segala pengalaman kamu sebagai mahasiswa, termasuk visi dan misi kedepan. Nggak percaya diri nulis esai? Pasti bisa kok! Selain pastinya kamu pelajari diperkuliahan, kamu juga bisa lihat referensi di perpustakaan dan ikut UKM seperti PPIPM (Pusat Penelitian Ilmiah dan Penelitian Mahasiswa) dan UKM lain yang memberi pengalaman realberkegiatan sebagai mahasiswa dan lebih mengenal kehidupan sekitar kamu.

Last but not least, syarat lain yang utama yaitu SKTM atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang didapatkan dari kelurahan tempat tinggal kamu. Sebab, yang berhak mendapatkan bantuan dipioritaskan untuk mahasiswa dengan nilai ademik teratas dari ekonomi yang paling membutuhkan. Prioritas ini dinilai dari keterangan penghasilan orangtua agar sesuai dengan tujuan pemberian beasiswa yang tepat sasaran. Jangan sampai yang lebih berhak malah nggak kebagian kan.

Nah, semua informasi lengkap dan proses seleksi beasiswa dapat diakses mahasiswa di situs www.sib.unp.ac.id. Website ini memang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah terdaftar di UNP, sehingga untuk mengaksesnya kamu perlu ID dan password yang otomatis kamu dapatkan ketika sudah diterima. Buat yang belum jadi mahasiswa, kamu bisa lihat daftar beasiswa di situs resmi UNP www.unp.ac.id ya.

Jadi, banyak jalan menuju beasiswa kan.

Penulis: Hanna Fauzia Agus

Referensi:

Situs Resmi UNP. http://unp.ac.id/

Sistem Informasi Beasiswa UNP. www.sib.unp.ac.id.

Pers Mahasiswa Ganto UNP. http://www.ganto.or.id

BAK UNP. http://bak.unp.ac.id

Additional uncaught exception thrown while handling exception.

Original

PDOException: SQLSTATE[HY000]: General error: 1114 The table 'accesslog' is full: INSERT INTO {accesslog} (title, path, url, hostname, uid, sid, timer, timestamp) VALUES (:db_insert_placeholder_0, :db_insert_placeholder_1, :db_insert_placeholder_2, :db_insert_placeholder_3, :db_insert_placeholder_4, :db_insert_placeholder_5, :db_insert_placeholder_6, :db_insert_placeholder_7); Array ( [:db_insert_placeholder_0] => Beragam Beasiswa yang Ada di UNP [:db_insert_placeholder_1] => node/223 [:db_insert_placeholder_2] => [:db_insert_placeholder_3] => 34.239.158.223 [:db_insert_placeholder_4] => 0 [:db_insert_placeholder_5] => sUzI2PofTPgUwOzSgVZGRo0bMZ1dSHGjN9bc25Zd4pg [:db_insert_placeholder_6] => 417 [:db_insert_placeholder_7] => 1716004192 ) in statistics_exit() (line 93 of /home/mpefe/htdocs/modules/statistics/statistics.module).

Additional

PDOException: SQLSTATE[HY000]: General error: 1114 The table 'watchdog' is full: INSERT INTO {watchdog} (uid, type, message, variables, severity, link, location, referer, hostname, timestamp) VALUES (:db_insert_placeholder_0, :db_insert_placeholder_1, :db_insert_placeholder_2, :db_insert_placeholder_3, :db_insert_placeholder_4, :db_insert_placeholder_5, :db_insert_placeholder_6, :db_insert_placeholder_7, :db_insert_placeholder_8, :db_insert_placeholder_9); Array ( [:db_insert_placeholder_0] => 0 [:db_insert_placeholder_1] => php [:db_insert_placeholder_2] => %type: !message in %function (line %line of %file). [:db_insert_placeholder_3] => a:6:{s:5:"%type";s:12:"PDOException";s:8:"!message";s:801:"SQLSTATE[HY000]: General error: 1114 The table 'accesslog' is full: INSERT INTO {accesslog} (title, path, url, hostname, uid, sid, timer, timestamp) VALUES (:db_insert_placeholder_0, :db_insert_placeholder_1, :db_insert_placeholder_2, :db_insert_placeholder_3, :db_insert_placeholder_4, :db_insert_placeholder_5, :db_insert_placeholder_6, :db_insert_placeholder_7); Array ( [:db_insert_placeholder_0] => Beragam Beasiswa yang Ada di UNP [:db_insert_placeholder_1] => node/223 [:db_insert_placeholder_2] => [:db_insert_placeholder_3] => 34.239.158.223 [:db_insert_placeholder_4] => 0 [:db_insert_placeholder_5] => sUzI2PofTPgUwOzSgVZGRo0bMZ1dSHGjN9bc25Zd4pg [:db_insert_placeholder_6] => 417 [:db_insert_placeholder_7] => 1716004192 ) ";s:9:"%function";s:17:"statistics_exit()";s:5:"%file";s:55:"/home/mpefe/htdocs/modules/statistics/statistics.module";s:5:"%line";i:93;s:14:"severity_level";i:3;} [:db_insert_placeholder_4] => 3 [:db_insert_placeholder_5] => [:db_insert_placeholder_6] => http://mpe.fe.unp.ac.id/page/beragam-beasiswa-yang-ada-di-unp [:db_insert_placeholder_7] => [:db_insert_placeholder_8] => 34.239.158.223 [:db_insert_placeholder_9] => 1716004193 ) in dblog_watchdog() (line 160 of /home/mpefe/htdocs/modules/dblog/dblog.module).